poskabarmedia.com – Akhir-akhir ini ada satu aplikasi yang sedang ramai diperbincangkan, yaitu aplikasi sirekap. Mungkin dari kalian masih belum mengetahui tentang aplikasi sirekap ini bukan? Maka dari itu, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan penjelasan aplikasi sirekap dan link download terbaru. Penasaran bukan? Yuk simak terus ulasan dibawah ini :

Oke, jadi pada saat ini Komisioner KPU telah menghadirkan aplikasi sirekap. Aplikasi Sirekap ini merupakan bagian dari transformasi tahapan yang konvensional menuju tahapan yang digital, yang mana nantinya akan menjadi upaya percepatan memperoleh informasi hasil Pilkada. Nah, bagi kalian yang ingin lebih jauh mengenal atau mengetahui aplikasi sirekap, lansung saja simak penjelasan dan pengertian aplikasi sirekap berikut ini :

Pengertian Aplikasi Sirekap Mobile

Penjelasan Aplikasi Sirekap Dan Link Download

Jadi, aplikasi sirekap ini bisa dibilang sebagai pengganti dari sistem informasi pemungutan suara. Tujuan dari hadirnya aplikasi sirekap ini agar publik bisa langsung melihat sejauh mana hasil pemilihan tersebut. Di samping rekapitulasi secara manual, aplikasi sirekap ini sangat membantu untuk mempercepat perhitungan suara untuk tingkat provinsi. Aplikasi Sirekap juga akan menjadi alat bantu dalam mempublikasikan hasil dari perolehan suara di Pilkada 2020

Sirekap ini merupakan singkatan dari sistem informasi rekapitulasi berbasis elektronik. Fungsi aplikasi Sirekap ini juga hampir sama dengan quick count. Dalam ujicoba yang sudah dilakukan oleh KPU, KPU memutuskan untuk menggabungkan metode sirekap dengan OCR dan OMR. Nah, OCR ini merupakan aplikasi yang digunakan untuk men-scan atau memindai gambar dan menjadikannya sebuah text, sedangkan OMR adalah aplikasi pembaca bulatan hitam dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi.

Penjelasan Aplikasi Sirekap dan Link Download Tebaru

Sebelumnya, Komisioner KPU belum memastikan bahwa aplikasi sirekap sudah bisa digunakan dalam Pilkada 2020. Hal itu dikarenakan penggunaan aplikasi Sirekap harus memiliki landasan hukum yang kuat. Pemberlakuan dari sistem ini juga harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan DPR, pemerintah, dan juga publik. KPU memang sudah beberapa kali menggelar simulasi Sirekap di sejumlah daerah sebagai bahan evaluasi. Dan apabila uji coba aplikasi Sirekap berhasil dengan baik, nantinya pada penghitungan suara diharapkan akan memberikan informasi secara cepat dan benar kepada masyarakat.

Cara Menggunakan Aplikasi Sirekap

Nah, untuk penggunaannya aplikasi sirekap ini sudah bisa diakses melalui jaringan, maka dari itu PKPU menetapkan 3 kategori untuk mengantisipasi keterbatasan jaringan, yakni Jaringan kuat, jaringan lemah dan tidak ada jaringan sama skali untuk penerapan aplikasi sirekap.

Lalu, untuk mengakses aplikasi Sirekap ini harus dibekali dengan jaringan yang kuat, maka dari itu KPU Malut telah melakukan pendataan Daerah mana saja yang mengalami kendala jaringan. Bagi daerah yang memliki jaringan kuat bisa menggunakan aplikasi sirekap secara online, sementara itu bagi daerah yang memliki jaringan yang lemah dan tidak stabil ataupun bahkan yang tidak ada sama sekali dapat menggunakan aplikasi sirekap secara offline.

Link Download Aplikasi Sirekap

Penjelasan Aplikasi Sirekap Dan Link Download

Seperti yang kalian tau bahwa aplikasi sirekap ini digunakan untuk meminimalisir kecurangan di level bawah, aplikasi sirekap mobile ini nantinya akan langsung terkoneksi ke KPU RI. Sirekap ini juga merupakan aplikasi yang sangat sistematis, yang artinya apabila nanti kita salah melakukan upload, akan ada fitur yang langsung memperbaikinya

Namun sayangnya, aplikasi sirekap belum tersedia pada semua perangkat. Maka dari itu kalian bisa menggunakan alternatifnya terlebih dahulu yaitu aplikasi Netcount – Aplikasi Pendukung Pilkada 2020 yang bisa kalian download melalui Google Play Store.

Oke, mungkin hanya itu saja yang dapat admin sampaikan mengenai Penjelasan Aplikasi Sirekap dan Link Download Tebaru, terimakasih telah berkunjung ke poskabarmedia.com. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu pada kesempatan selanjutnya!

Related Posts

0 Komentar untuk Penjelasan Aplikasi Sirekap Dan Link Download Tebaru